Freitag, 30. September 2011

treat people the way you want to be treated? think again pal

para pembaca sekalian yg terhormat (wtf mang ada yg baca??)

treat people the way you want to be treated.. versi terjemahannya : perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan.. saya asumsikan kebanyakan dari anda deja vu ketika membaca kalimat tersebut, benar?

hmm.. kalimat ini sudah menjadi semacem doktrin di kehidupan kita yang mungkin sudah tertanam dalam diri kita semenjak usia dini..

btw sebelum kalian mencela gaya bahasa gua yg tiba2 (inginnya) baku, gua lagi mood aja nulis begini ga usah protes kalau protes kalian aja yg nulis wkwkw (seriously emgnya "kalian" itu ada ya??)

oke back to the topic.. kalimat ini biasa nya disertai dengan perumpamaan seperti : kalau tidak suka dipukul jangan memukul orang lain, atau kalau mau dihargai harus menghargai orang lain juga.. memang ada benarnya jika kita melihat perumpamaan2 yang demikian.. tapi itu hanya contoh sebagian situasi.. dalam beberapa kasus, teori ini tidak berlaku.. pernah mengalaminya? saya pernah lo..

jadi gini.. beberapa waktu yg lalu gua pernah mengalami sebuah kejadian kecil sm seorang kawan gua di sini.. (wow bahasa sehari2 gua kembali) sooo, intinya adalah sebagai berikut..

kawan gua (encung/e) : *chating sm kakakny kalau ga slh waktu itu..
gua/g : melihat alias mencuri pandang alias stealing sight
e : ga usah ngintip2 org chating deh kepo aja.. (nada ketus bayangkan squidward)
g : wew maaf gan emgny ga boleh ya?
e : ya mana enak lah kayak gt.. emangnya gua pernah apa ngintipin lu chating kea gt??

waktu itu gua merasa aneh... maksud gua, selama ini belum pernah gua berpikir semacam itu.. rasa2nya dari dulu gua sama kakak gua atau kawan2 gua di sma kalau ada yang lagi chatting yang lain ngeliat sah2 aja gitu.. bah, kalau misal rahasia gmn?? well gua ga pernah menchatingkan sesuatu yg rahasia kalau ada orang di dekat gua, simpel hehe.. misal:

cewe imajiner : sayang aku hamil nih..
gua : hmm nanti aja ya say.. si bejo lg maen ke rumah entar dia liat
cewe imajiner : oke huny kalau dia udah pulang nudge me yaaahhh..

yup kira2 seperti itu.. normal ga sih sebenarnya gua begitu?(bukan, bukan masalah gua ngehamilin cewek itu cuma fiksi belaka.. maksud gua pola pikir gua).. atau si encung kawan gua ini yang normal? hmm sebenernya yang jadi masalah di sini bukan normal atau tidak normal sih...

coba kita kembali ke topik kita.. treat people the way u want to be treated... mengikuti prinsip ini, encung tidak pernah mengintip isi chat gua, karena dia sendiri tidak mau isi chat nya diintip.. hmm jadi dia gak salah donk? ya tentu saja, tapi coba lihat dari sudut pandang lain.. mengikuti prinsip ini juga, gua melihat isi chat encung, karena gua fine2 aja kalau isi chat gua dilihat orang.. apakah gua salah? mengikuti prinsip di atas gua pun ga salah..

so, kalau dua dua nya ga salah, kenapa terjadi pertikaian??

ah itu kan cuma 1 contoh kejadian buat apa lah dipikirkan? lagian masalah lama ga usah diungkit2 lagi hwhw ya ga ya ga?? mmm... nope.. baru2 ini gua menemui lagi kasus yang hampir serupa...

jadi seorang temen gua (sebut saja goku) habis berselisih sama kawan gua yang lain (sebut saja bejita).. seperti apa pertengkarannya?? mari kita simak bersama hehe...

goku : bro, lu kan jago desain grafis nih.. bikinin gua banner buat blog dun
bejita : boleh2.. tp ga gratis ya hwhw..
goku : ah elah gila lu, sm temen aja itungan bgt kea gitu..
bejita : weits, nononono.. itu namanya menghargai jasa gua.. kmrn ini gebetan gua minta gua gambarin sesuatu
aja dia bayar lo..
goku : gila lu dasar otak duitan (mana ada otak duitan yak wkwk?)
bejita : ga seneng? sini ribut!!!
goku : haaaaah!!!!!! BEJITAAAA!!!!!!!
bejita : ahahahaahaha!! kuterima tantanganmu!! KAKAROTO!!!!!!

dan ledakan energi dari pertempuran itu memicu kebangkitan manusia iblis buu dari tidur panjangnya... halah mulai ngaco ini.. anyway percakapan di atas kecuali 3 baris terakhir bener2 terjadi lo.. dan sampai sekarang mereka masih berselisih..

oke kembali ke pokok permasalahannya.. waktu si goku alias kakaroto alias bapaknya gohan dan goten itu curhat sm gua, well, gua bingung harus komentar apa..

maksud gua gini, di lihat dari dua sudut pandang yg berbeda gua bisa aja mihak si goku dengan bilang: itu si bejita itungan bgt dah sama temen aja ngitung bayaran!! apa artinya jadi temen kalau toong menolong aja ga ada??
atau bisa aja gua mihak bejita dengan bilang : ah lu membesar2kan masalah.. ga salah donk kl dia minta usaha dia dihargain.. paling juga ga seberapa  dia minta bayarannya.. lagian apa haklu maksa dia nolongin lu??

bingung kan? dan waktu gua coba memposisikan diri gua netral, lagi2 pikiran gua mengarah ke topik yang daritadi kita bahas ini .. perlakukan orang lain seperti bagaimana anda ingin diperlakukan..

coba kita lihat.. goku ga suka kalau dia minta tolong trus pamrih alias ngarep imbalan.. well it's oke selama dia juga mau nolong tanpa pamrih kalau orang lain minta tolong sm dia.. dengan begini, si goku ga salah kan??

but but but, dari sudut pandang satunya lagi coba kita tengok juga.. bejita mau nolong orang dengan usaha dia "dihargai", dan dia konsisten dengan itu bahkan sm gebetanny nya pun dia mempertahankan prinsip dia ini.. apakah dia salah?? hmm asalkan dia mau terima suatu saat orang lain berbuat demikian sama dia, artinya dia memperlakukan orang sebagaimana dia ingin diperlakukan kan? lagi-lagi, si bejita ga salah donk??

so dalam situasi begini siapa yang benar dan siapa yang salah???

dalam situasi begini, solusi yang gua temukan satu2nya adalah toleransi, di mana satu pihak harus mengalah demi pihak yang lain.. "mengalah" memang baik, berpahala, dan tentunya menyelasaikan masalah dengan damai, namun bukan solusi yang adil bukan jika satu pihak harus mengalah dan pihak lain terima enaknya doank?? well at least begitu menurut gua hehe...

"treat people the way you want to be treated".. hal ini masih menjadi kebingungan di benak gua sampai saat ini

Donnerstag, 29. September 2011

the modemcolok saga

yo...

jadi hari ini saya tidak mau meneruskan bahasan topik sebelumnya hehe biarlah angin menghembus dan hujan menghapus jejakmu (tribute to everybody's fave pornstar)

so.. jadi selama ini kos-kosan gua menyediakan hotspot buat internetnya, di mana kalau kita mau pake internet kita harus beli id sama password buat log in.. semacem billing warnet gitu tapi buat 1 bulan.. dan menurut gua internet itu MAHAL!!! tadiny gua membetahkan diri online di perpustakaan kampus yg buka 24 jam (jgn tanya kampus gua di mana tanya aja sama om gugel) tapi 2 bulan terakhir gua jadi malas dan gua beli lah id hotspot itu..

bulan pertama : yasudalah sekali-kali jadi orang kaya...
bulan kedua : yasudalah duakali-duakali jadi orang kaya...
akhir bulan kedua yaitu kemarin : kalau begini caranya kapan gua jadi bener2 kaya??

dan gua merenung.. semedi.. bertapa.. berak.. dan akhirnya menemukan pencerahan yaitu....???!!!!!!

tungtengtungteng uwew uwew uwewewew MODEM COLOK*niatnyadoraemonmodeon

hari ini 19 september 2011 (jangan didebat di tempat gua tanggal segitu) operasi gua laksanakan... gua beli itu modem colok dan astaga aku senang sekali hehehe

penampakan dari modem colok atau yg selama ini kita kenal dengan nama surfstick (tongkat selancar) tersebut adalah sebagai berikut :


dan sesampai di rumah gua mencoba untuk mengoperasikannya.. menurut kertas panduan manual (yaialah masa automatic) sisi yang ada tulisan mereknya harus didorong ke atas buat dibuka jadi simcardnya bisa dimasukin.. oke let's do this

setengah jam kemudian.... fffffffuuuuuuuuuuu........................................ kenapa ga bisa dibuka!@#$$R^??!?

minta tolong tetangga ah... jadi ada seorang tetangga kamar sebelah yg cukup akrab dengan saya sebut saja namanya ben (ga mau pake inisial emangnya pelaku kejahatan di buser)

gua: toktoktok ben ben ben ben ben
ben: yoyoyo watswap yo mamen ( jadi si ben ini adalah seorang bule yang menggemari hiphop.. beneran loh tapi ga gitu sih jawab guanya hwhwh)
gua: benben coba bukain modem colok gua donk
ben: bah lu ga bisa buka ginian?? ckckkc sini gua beri contoh

10menit kemudian

ben: fffffffffffffuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.....
gua: .... kl ga bisa gapapa bray... makasih banyak loh usahanya
ben: rusak nih keanya bawa balik ke tokonya ja

gua mulai khawatir sih.. si ben dengan tenaga bule nya yang sudah mendapat konsumsi susu telur dan daging sejak usia dini aja gagal... dan gua putuskan balik ke tokonya.. bukannya gua percaya sih kalo modem colok gua rusak... gua masih percaya bahwa modem colok gua bisa dibuka namun caranya belum diketahui saja..

sesampainya di toko

mas2: ya bro bisa dibantu? (kebetulan ni mas2 yanga layanin gua pas gua beli si modemcolok)
gua: mas ni modem susah pisan uey dibukanyah
mas2: ah masa coba sini..

sesaat kemudian (yang ini emang cuma sebentar hehe)

mas2: fffffffuuuuuu..............

/swt.. btw si mas2 ini bodinya gede dan kekar loh.. tapi tetep ja modem colok gua ga mau kebuka.. gua udah bersiap debat dan nego minta modem colok baru ketika tiba seorang mbak2 temennya si mas2 dateng

mba2: ohh sini gua yang buka...

2 detikan kemudian : pletek *modem colokku kebuka

what the...

gua : mba itu bagaimana cara mbukanya dari td dicoba ga bisa kok sm mba bisa?? yg buka msti cantik ya mba? (wedusgombal mode on)
mba2 : oh ini sisi depanny didorong ke atas aja mas (persis yang gua dan mereka smua lakukan sebelumnya)
gua : hah masa sih?

pletak.. modem colokku pun untuk pertama kalinya berhasil kubuka.. aneh loh sejak dipegang mba itu tiba2 tutupannya jadi lembek sekali.. tanpa usaha pun kuberhasil melakukannya.. waw mejik!!

modem colok ini sekarang sedang menyala tanpa dosa di lobang usb laptopku..

dan apa pesan moral hari ini??

coba kita pikir.. gua, si ben(cong), dan si mas2 keker tadi memanfaatkan tenaga buat ngebuka modem colok gua yang amat keras tersebut.. dan hasilnya? nihil bukan?
namun coba kita tengok mba2 tersebut.. dengan memanfaatkan kelembutan (gua ga yakin sih lebih mungkin lelembut ataupun gaib2 lainnya) dengan mudah ia berhasil melakukannya waw mejik

jadi dari peristiwa ini kita bisa melihat, kawan, bahwa kekerasan tidak menyelesaikan masalah

Mittwoch, 28. September 2011

prolog - my lever break experience

dear anybody yg secara ajaib bisa tertarik untuk membaca ini

jadi gini.. gua sedang menemukan fase kehidupan gua dalam masa yang bosan!!!

dan di tengah kebosanan ini gua mengalami yang namanya.........!!!????""""@#$%

patah hati (lever break)

klise abis ya.. 99% pembaca yang jumlahnya 0,0000000000000001% dari populasi internet langsung meninggalkan blog ini nampakny hehe...

yup gua patah hati, dan ga menemukan temen curhat..

mau curhat sm tembok gengsi

mau nulis diary kea pelem2 aja (jgn tanya pelem apa yg jelas bukan bokep jepang)

dan gua tiba2 kepikiran : BLOG!

yup.. entah kenapa gua tertarik dengan konsep yg sebenerny ga beda jauh dr sebuah diary elektronik yg dipublikasikan ini gua rasa ini nmny ikatan takdir..

jadi gini bray, gua adalah anak rantau yg sedang menjalani kuliah di negeri asing.. gua punya seorang kawan perempuan yg, yaaahhhh eheheheh hohoho huahuaha titititititit ehjorok, gua demen lah (sory no foto, no fb link, no phone number, no bra size identitas subjek tidak bisa dipublikasikan.. dan ya, saya lelaki jadi saya normal).. udah sekitar 3 taonan yaitu dari bangku dan meja sma gua demen sm dia.. (asli bangku dan meja, gua dulu duduk sebelahan sm dia soale hwhw)

salah satu ketidakenakan anak rantau terutama yg jauh bgt macem gua adalah..... jadi jauh sm temen2.. klise yak hehe tapi asli loh.. temen2 yg dulu menjalani kehidupan sma yg keras bersama kita.. tertawa bersama.. menangis bersama.. tidur bersama... mandi bersama... hidup dan mati bersama....

mari kita akhiri bersama sebelum melancong dari topik ini..

nah ya.. di masa2 gua somehow lost kontek sm kawan2 gua ini ada 1 yg masih gua sering chatting yaitu........perempuan ini hehehehe sbut saja namany siput (bukan, bukan mawar.. itu korban pelecehan seksual)

gua senang sekali lo asli karena gua msh bisa dekat sama dia.. bisa dibilang malah sejak rantau gua somehow makin deket lah sm dia biarpun terpisah jarak dan waktu (ga lebay loh, gua siang dia malem)

dan siang ini (malem ini kl di dia) dia curhat sm gua lewat chat.. curhatny tidak laiin tidak bukan intinya adalah... lelaki..

ga seburuk itu sih... sbnerny jadi dia lg mau deketin satu lelaki tp hasilny negatif... tp bagaimana ya... bukan yg pertama sih.. bulan2 pertama gua suka sm dia doi smpet cerita tntg laki2 jg... 2 kali malah ini yg ketiga.. tp setlah lama ga pernah lg kejadian begitu dan.. nah ya gua "kira" pi di key ti gua agakny membuahkan hasil lah... tp setelah gua pikir2 selama ini gua tuh membohongi diri sndiri doang...
1. setelah hampir 3 tahun kita belum jadian jg itu kn namany ga membuahkan hasil
2. kami berdua tuh semacam sahabat baik gt.. katany cewek enggan menjadikan sahabat jadi pacar.. katanya.. kata siapa? katanya...
3. yah gua sm dia kn jarak jauh skg (long distance non-relationshit).. itu jadi poin minus..
4. diatas itu semua, gua bukan org yg amazing lah.. tidak tampan, pendek, tidak pandai, tidak hebat dalam olahraga, tidak ada bakat khusus dsb.. (bukan, gua bukan tokoh komik yg namanya nobita)
5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

sebenernya ini udah beberapa kali jadi pikiran gua.. tapi yah dengan dalih "mencintai tidak sama dengan dicintai" dan "usaha keras membuahkan hasil" gua terus membohongi diri sendiri.. kesetiaan bisa jadi menyakitkan kawan, percayalah.. dan sekarang gua mulai berpikir:
1. apa gua masih mau terus begini? sampai kapan? apakah akan berakhir baik?
2. buat apa sih gua perjuangkan? wanita sm pria itu 4:1 kok.. dia jg bukanny istimewa yang cantikny bersinar di matamu banget kok...

eniwae, gua masih dalam fase kegalauan gua