Sonntag, 9. Oktober 2011

cooking is easy and fun!

yo semua,

ternyata sudah cukup lama juga ya gua ga menulis di sini hehehe... well, akhir2 ini hidup gua lumayan datar jadi ya emang ga ada hal yang spesial buat diomongin.. atau gua harus bikin2 masalah biar ada yang bisa ditulis?? hmmm...

anyway, daripada kita buat2 masalah yg sebenarnya ga ada, sebenernya banyak hal yang kita anggep biasa2 saja bisa jadi luar biasa loh.. he? how come?? ya sudahlah anggep saja demikian huahaha..

jadi hari ini gua mau berbagi tentang suatu bagian dari kehidupan gua sebagai anak rantau, yaitu memasak! yup, memasak, benar sekali kawan..

jujur, waktu sebelum gua merantau gua sangat amat jarang sekali memasak... (mungkin beberapa dari kalian pun sampe sekarang juga ada yang bahkan tidak pernah memasak ya hehe...) yah habisnya, di rumah ada asisten ibu yang masakin.. kalau emang lagi gak ada makanan atau lagi jenuh sama masakan dia, tinggal jajan hehehe.. tapi semua itu berubah ketika gua merantau (bukan, bukan ketika negara api menyerang, gua ga ada gawe sama negara api) di mana gua mau ga mau harus memasak! oh no!!

dan di awal2 perantauan gua, gua terbekali dengan skill masak yang amat sangat minim! hahaha.. btw, pertanyaannya adalah:
kenapa gua harus memasak?? karena kalau gua ga masak, apa yang gua makan?
kenapa ga jajan di luar?? percayalah kawan, jajanan di negeri perantauan gua ini harganya pemerasan jahanam! kalau gua mengandalkan jajan, uang makan gua saja bisa membuat orang tua ku menjual tetangga ku hehehe...
okey... tapi makanan2 instan dan makanan2 yang tidak perlu dimasak selalu ada kan?? brilian!! inilah yang muncul di pikiran gua awalnya dan berusaha gua terapkan... tapi percayalah kawan, 3 minggu gua gak makan nasi lauk dan sayur, dan gua mulai kehilangan akal sehat gua!! hwhw lebay ah, tapi serius deh kalau gak masak gak bisa makan dengan layak dan cukup gizi gua hwhhw...

dengan bermodalkan semangat untuk makan enak, gua pun memberanikan diri untuk memasak.. dan hasilnya? masakan2 pertama gua... tidak lebih layak daripada makanan beruk hahaha.. asli deh, masak nasi kalau ga kekerasan kelembekan.. tumis ini dan itu biasanya keasinan hwhwh kadang2 ga mateng... bikin babi kecap (saya nonmuslim jadi jangan bilang saya menghianati ajaran agama ya hehe) lebih banyak kecapnya daripada babinya.. hahaha kalau diingat2 masakan2 pertama gua bahkan gua sendiri aja ga nafsu makannya hehhe...

namun dengan beberapa kali percobaan, gua pun mulai berkembang (bahasa inggrisnya flowering) dan masakan2 gua pun mulai layak dimakan hehehe... dan hari ini gua mau share tentang masakan gua hari ini hehehehe yaitu jengjengjengbleatkdungdungdungkamehameha:


umm... what was that again? itu adalah sebuah masakan yang gua namakan babi tumis bawang bombay spesial atau pada prinsipnya ini adalah semacam teriyaki hehehhe..

babi tumis bawang bombay spesial

bahan:
daging (bisa apapun gua rasa.. di sini gua pakai babi)
bawang bombay
bawang putih (sedikit saja)
kecap asin
kecap manis
sambal (buat yang suka pedas.. fleksibel, bisa ditambahkan sewaktu mau dimakan, atau tidak sama sekali)
garam
lada
gula/mecin
minyak goreng
(banyaknya daging dan bawang sebenarnya terserah kalian, tapi sebagai perbandingan aja gua pakai daging sekitar 350 gram dan bawang bombay 2 biji.. itu hasilny sangat banyak dan bisa untuk makan gua 3 kali lebih hehehe)

alat:
wajan
pisau dan talenan
kompor
(wtf ga penting sekali bagian ini hahaha)

metode pemasakan:
1. potong daging kecil, bawang bombay juga kecil, bawang putih lebih kecil2 lagi(ditumbuk juga boleh)
2. panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih
3. dalam waktu singkat bawang putih biasanya sudah harum dan minyak sudah panas.. masukkan daging dan bawang bombay..
4. setelah beberapa saat bawang bombay mulai lemas dan menciut (yup, kebanyakan sayuran menciut kalau dimasak) dagingpun mulai matang.. tambahkan sedikit air untuk kuahnya..
5. bumbui dengan garam, kecap manis dan asin, lada, gula/micin, dan sambel, aduk rata..
6. kecilkan api, tunggu beberapa lama (agak lama) sambil sesekali diaduk2/diuwek2/apalah sebutannya.. ini saya namakan periode bumbu meresap ke dalam masakan..
7. setelah matang dan rasa memuaskan (cara taunya, dicicip lah hehe), angkat, ready to serve!!

nb:
1. bumbu2 boleh diganti dan dieksperimenkan sendiri hehe.. misalnya saja teriyaki yang asli pakai kecap asin kikkoman, kalau gua pake kecap asin biasa.. trus waktu masak tadi misalnya, gua pakai saos tiram.. tapi waktu gua makan, rasa saos tiramny ga signifikan jadi gua putuskan saos tiram ga cocok untuk masakan ini hehe..
2. waktu memotong bawang bombay, anda akan mengalami tekanan batin yang luar biasa untuk menangis.. kuatkan hati kalian!!
3. gua biasa nambahin air kuah untuk tumisan setelah tumisanny agak matang.. menurut gua sih kalau kuahnya ditambahkan dari awal rasanya jadi kayak rebusan dunk?? jadi gua membagi antara periode pematangan dan periode penguahan/pembumbuan...
4. untuk pemula, tambahin bumbunya sedikit demi sedikit!! cicip dahulu setiap kalinya.. bumbu kurang bisa ditambah, bumbu lebih mana bisa dikurang?? hehehe ini yang buat masakan gua awal2 selalu gagal...
5. untuk pro, gua adalah manusia yang tak luput dari kesalahan.. terlebih keahlian masak gua masih amat minim dan hanya berdasar pada pengalaman yang sedikit dan tanpa pengajaran siapapun... cmiiw dan kalau ada tips saya akan sangat menghargainya! hehehe..

menurut gua masakan ini cukup simpel dan untuk anda yang ingin mencoba memulai memasak, masakan ini cocok sekali hehehe... well, memasak emang ga mudah, tapi yang paling sulit menurut gua dari memasak adalah: memulainya!! yup, pertama gua mau memulai memasak, pikiran gua diliputi dengan: ah, gua ga bisa.. ah, nanti hasilnya gak enak.. dan sebagainya.. tapi, tahukah anda? jika anda tidak pernah gagal, artinya anda belum pernah mencoba!! yup, tiada keberhasilan yang sempurna tanpa ada kegagalan terlebih dahulu.. klise? ini pengalaman pribadi gua loh..

anyway, memasak itu tidak begitu sulit setelah anda mulai mencoba, dan juga sangat menyenangkan! hehehe

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen